October 2, 2009

Klasifikasi Anomali AVO

Model dasar untuk anomali AVO dapat diilustrasikan menggunakan model lapisan gas sand diantara dua shale.
Nilai Poisson Ratio untuk gas sand lebih kecil dibandingkan shale, dan nilai koefisien refleksi berubah secara drastis terhadap sudut datang gelombang. Amplitudo bernilai negatif pada near offset dan menjadi lebih negatif pada far offset, yang mana dinyatakan dengan nilai amplitudo absolut yang meningkat pada large offset.

Klasifikasi Anomali AVO (Amplitude Versus Offset) oleh Rutherford dan Williams (1989) dibagi menjadi 3 kelas lalu disempurnakan oleh Castagna (1997) yang menambahkan satu kelas lagi, yaitu kelas IV. Dibuat klasifikasi gas sand berdasarkan respon koefisien refleksi yang dihasilkan oleh batas shale dan top gas sand terhadap sudut datang gelombang.

Empat Klasifikasi Anomali AVO
(Rutherford & Williams, modified by Castagna)


Kelas I : High Acoustic Impedance Contrast
Menunjukkan tipe gas sand yang mempunyai acoustic impedance tinggi dibandingkan medium yang mengapitnya, sehingga didapat koefisien refleksi positif besar pada sudut datang gelombang sama dengan nol (zero angle/offset), koefisien refleksi menurun dengan bertambahnya sudut datang, decrease in amplitude (dimming effects) with increasing offset.Kelas II : Near Zero Impedance Contrast
Tipe gas sand yang mempunyai acoustic impedance hampir sama dibandingkan medium yang mengapitnya, sehingga didapat koefisien refleksi yang mendekati nol pada sudut datang gelombang sama dengan nol (zero angle/offset) dan mendekati negatif pada large offset, koefisien refleksi menurun dengan bertambahnya sudut datang.
Kelas IIp : Sama seperti kelas II, hanya terjadi pembalikan polaritas, yaitu koefisien refleksi bernilai positif pada zero angle/offset.

Kelas III : Low Impedance Contrast
Tipe gas sand mempunyai acoustic impedance rendah dibandingkan medium yang mengapitnya, sehingga didapat koefisien refleksi yang negatif besar pada sudut datang gelombang sama dengan nol (zero angle/offset), koefisien refleksi semakin negatif dengan bertambahnya sudut datang. Tipe gas ini adalah tipe gas klasik dimana amplitudonya semakin besar (brightening) seiring bertambahnya sudut datang.
Kelas IV : Very Low Impedance Contrast
Tipe gas sand mempunyai acoustic impedance rendah dibandingkan medium yang mengapitnya, sehingga didapat koefisien refleksi yang negatif besar pada sudut datang gelombang sama dengan nol (zero angle/offset), tetapi nilai koefisien refleksi meningkat dengan bertambahnya sudut datang.
Contoh AVO Modelling untuk Top & Base Colony Horizon :
Amplitude vs Offset untuk Colony picks :
Anomali AVO diamati pada Top (trough)/warna merah dan base (peak)/warna biru Colony horizon, terlihat bahwa terjadi kenaikan trough amplitude pada Top Colony walaupun anomali tidak begitu kuat terlihat, sehingga ini dapat diklasifikasikan sebagai anomali AVO kelas 3 dengan kenaikan amplitudo seiring bertambahnya sudut datang.

No comments:

Post a Comment