September 25, 2009

Batu Ginjal

Penyakit Batu ginjal telah menerpa kedua orang tuaku, sehingga mendorong penulis untuk menuliskannya dalam blog ini.

Batu ginjal dalam istilah kedokteran disebut Nephrolithiasis atau renal calculi. Pembentukan batu ginjal dapat terjadi di bagian mana saja dari saluran kencing, tetapi biasanya terbentuk pada dua bagian terbanyak pada ginjal, yaitu di pasu ginjal (renal pelvis) dan calix renalis. Batu dapat terbentuk dari kalsium, fosfat, atau kombinasi asam urat yang biasanya larut di dalam urine. Biasanya penyakit ini menimbulkan gejala ketika batu yang terbentuk sudah besar dan banyak, akibatnya terasa nyeri di bagian sekitar pinggang.
Dalam dunia kedokteran saat ini sudah banyak metode penanganan penyakit batu ginjal seperti dengan menggunakan laser, akan tetapi metode ini bisa dilaksanakan apabila ukuran batu belum terlalu besar dan jumlahnya belum banyak, apabila ukurannya sudah besar dan jumlahnya banyak tidak dapat dilakukan laser, karena rasa sakit akibat laser tersebut.

Sebisa mungkin penyakit ini harus dicegah sedini mungkin karena biasanya penyakit ini bisa muncul lagi walaupun telah diobati ataupun dioperasi. Penyebab umum penyakit batu ginjal :
1) Kurang minum sehingga menyebabkan sistem metabolisme tubuh tidak berjalan maksimal. Cairan yang dibutuhkan untuk menggelontor berbagai racun di dalam tubuh tidak mencukupi. Hal ini mengakibatkan urin mengalami kondensasi sehingga membentuk butiran seperti batu.
2) Infeksi yang terjadi di dalam ginjal yang mempermudah batu ginjal terbentuk.
3) Tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan di dalam darah.
4) Faktor Genetis.

Hal-hal yang dapat dilakukan dalam mencegah terjadinya penyakit batu ginjal adalah banyak minum air putih minimal 2 liter per hari. Deteksi secara dini akan mencegah kerusakan saluran kencing lebih lanjut.

Saat ini orang tua pun rajin meminum sari tanaman tempuyung, yaitu batang dan daunnya direbus dan airnya diminum. Resep ini didapat dari penderita penyakit batu ginjal yang kini sudah sembuh. Namun sekali lagi, dalam dunia kedokteran banyak sekali hal-hal misterius yang tidak dapat dijelaskan secara empiris, karena tubuh manusia sangatlah kompleks, sehingga resep-resep alternatif seperti ini sering sekali menjadi solusi apabila langkah-langkah medis tidak memberikan solusi. Oleh karenanya tidak ada kenikmatan di dunia yang lebih berharga daripada kesehatan.
"Manfaatkan masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu", kira-kira begitulah pepatah ayahku.

No comments:

Post a Comment