September 27, 2009

Geothermal Energy

Energi panas bumi adalah energi yang diekstraksi dari panas yang tersimpan dalam bumi (Wikipedia Indonesia). Energi panas bumi adalah sumber daya alam yang dapat diperbarui, berpotensi besar serta merupakan salah satu sumber energi pilihan.

Energi panas bumi mampu menyediakan sumber tenaga yang bersih dan terbarukan serta dapat memberikan keuntungan yang cukup signifikan, bersih dari polutan kimiawi, tidak mengeluarkan limbah dan hanya mengeluarkan sebagian besar air yang diinjeksikan kembali ke bawah permukaan bumi (reservoir). Penginjeksian air kedalam reservoir merupakan suatu keharusan untuk menjaga keseimbangan massa sehingga memperlambat penurunan tekanan reservoir dan mencegah terjadinya subsidence. Penginjeksian kembali fluida panas bumi setelah fluida tersebut dimanfaatkan untuk pembangkit listrik, serta adanya recharge (rembesan) air permukaan, menjadikan energi panas bumi sebagai energi yang berkelanjutan.
Keunggulan Energi panas bumi :
(1) Hemat ruang dan pengaruh dampak visual yang minimal.
(2) Mampu berproduksi secara terus menerus selama 24 jam, sehingga tidak membutuhkan tempat penyimpanan energi (energy storage).
(3) Dapat mengurangi polusi dari penggunaan bahan bakar fosil.
(4) Dapat dikontrol secara jarak jauh.
(5) Memberikan tenaga beban dasar yang konstan.
Emisi CO2 Energi panas bumi paling rendah dibandingkan sumber energi lain

No comments:

Post a Comment