September 28, 2009

Seismic Inversion

Seismik inversi adalah suatu metoda untuk mendapatkan gambaran model geologi bawah permukaan dengan menggunakan data seismik sebagai data input utama dan data sumur sebagai data kontrol (Sukmono, 2002). Hasil yang didapat menggunakan metoda inversi adalah informasi yang terkandung di dalam lapisan batuan berupa impedansi (akustik atau elastik). Dari informasi impedansi ini dapat dikorelasikan secara kuantitatif dengan parameter fisis lain pada reservoir yang terukur pada sumur seperti porositas, saturasi air, dsb.

Sebagaimana yang kita ketahui forward modeling adalah operasi konvolusi antara wavelet dengan koefisien refleksi, sedangkan proses inversi merupakan kebalikan (inverse) dari upaya pengambilan data seismik (forward modelling).


Forward & Inverse Modelling (Strata Workshop, Hampson Russel)

Proses ekstraksi wavelet pada proses inversi sangatlah penting, oleh karena itulah harus dilakukan ekstraksi wavelet pada horizon yang menjadi target inversi.

Pada proses inversi, ada yang namanya "non-uniqueness", artinya terdapat lebih dari satu kemungkinan model geologi untuk mendapatkan hasil yang sama dengan data seismik. Sehingga diharapkan nilai
koefisien refleksi dan nilai batas acoustic impedance-nya mendekati nilai sebenarnya. Dalam hal ini diperlukan sebuah model awal (initial model) sebagai prediksi awal dalam menyelesaikan perhitungan inversi.

Perbandingan Hasil Inversi menggunakan High Frequency & Low Frequency Model (Strata Workshop, Hampson Russel)

Metoda seismik inversi dapat dibagi menjadi dua macam berdasarkan data seismik yang digunakan, yaitu : post-stack seismic inversion dan pre-stack seismic inversion. Data seismik post-stack merupakan data seismik yang mengasumsikan amplitudo seismik dihasilkan dari R(0), sehingga hanya dapat menghasilkan tampilan model acoustic impedance saja. Sedangkan data seismik pre-stack mempunyai informasi sudut (R(Θ)), sehingga pre-stack seismic inversion dapat menghasilkan parameter-parameter lain seperti Vp/Vs, EI, Lamdha-Rho, Mu-Rho.
(Introduction to Seismic Inversion Methods, Russel, 1988)

No comments:

Post a Comment